Tugas Pokok dan Fungsi

(a). Kepala Dinas;
     
(b.) Sekretariat, membawahkan:
    1. Subbagian Program Dan Keuangan :

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Subbagian Program Dan Keuangan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang - undangan yang terkait dengan Subbagian Program Dan Keuangan;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. melaksanakan penyusunan rencana program dan kegiatan dinas dengan menghimpun kegiatan dari masing-masing bidang untuk pelaksanaan kegiatan;
  6. merancang pengelolaan sistem informasi manajemen bidang sosial, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sebagai bahan informasi Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak;
  7. melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan dari masing- masing bidang untuk mengetahui mutu pelaksanaan kegiatan;
  8. melaksanakan penyusunan rencana belanja dinas berdasarkan alokasi dana dalam dokumen pelaksanaan anggaran Perangkat Daerah guna terwujudnya tertib penggunaan anggaran
  9. melaksanakan penyusunan belanja tidak langsung, belanja langsung dan penerimaan sesuai petunjuk teknis kegiatan guna terwujudnya tertib anggaran;
  10. melaksanakan pengelolaan keuangan, verifikasi, pembukuan dan akuntansi sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang telah ditentukan guna tertib administrasi;
  11. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi
  12. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil
  13. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

    2. Subbagian Umum Dan Kepegawaian :

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Subbagian Umum Dan Kepegawaian berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Subbagian Umum Dan Kepegawaian;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. mengelola pelaksanaan surat menyurat dan kearsipan dinas dengan meneliti berikut kelengkapan surat untuk terwujudnya tertib administrasi;
  6. menyusun pelaksanaan perencanaan, pengadaan dan pemeliharaan serta pelaporan sarana prasarana sesuai kebutuhan untuk mendukung kelancaran tugas;
  7. menyusun pelaksanaan administrasi kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan guna tertib administrasi kepegawaian;
  8. melaksanakan pelayanan urusan hukum, hubungan masyarakat dan organisasi untuk kelancaran komunikasi dan informasi dinas;

        i. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;

  1. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  2. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  3. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan.

     (c). Bidang Sosial, membawahkan:
         
1. Seksi Pelayanan Dan Rehabilitasi Sosial ;

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Pelayanan Dan Rehabilitasi Sosial berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Pelayanan Dan Rehabilitasi Sosial;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Pelayanan Dan Rehabilitasi Sosial sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. menyiapkan bahan petunjuk teknis pelayanan dan rehabilitasi sosial agar kegiatan operasional berjalan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  7. melaksanakan kegiatan bidang rehabilitasi dan pelayanan sosial bagi anak terlantar, anak nakal, anak jalanan, penyandang cacat gelandangan, pengemis, orang terlantar, tuna wisma dan karya, mantan narapidana, mantan penderita kusta/penyakit kronis dan tuna susila;
  8. memberikan pelayanan dan perlindungan sosial, hukum terhadap eksploitasi, perdagangan perempuan dan anak, korban tindak kekerasan/perlakuan yang salah dalam keluarga;
  9. memberikan rekomendasi pengangkatan anak
  10. melaksanakan usaha rehabilitasi sosial bagi korban narkoba dan zat adiktif lainnya;
  11. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  12. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Pelayanan Dan Rehabilitasi Sosial berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  13. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Pelayanan Dan Rehabilitasi Sosial sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

         2. Seksi Bantuan Dan Jaminan Sosial; 

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Bantuan Dan Jaminan Sosial berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Bantuan Dan Jaminan Sosial;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Bantuan Dan Jaminan Sosial sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. melaksanakan kegiatan bantuan dan jaminan sosial bagi anak yatim piatu di dalam dan di luar panti, orang jompo di luar panti, kehilangan mata pencaharian, pekerja migran/eksodan dan korban tindak kekerasan serta orang terlantar yang kehabisan bekal;
  7. menyiapkan bahan petunjuk teknis bantuan dan jaminan sosial agar kegiatan operasional berjalan sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan;
  8. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang penanggulangan korban bencana alam dan sosial;
  9. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang bantuan sosial korban tindak kekerasan dan pekerja migran;
  10. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang pengumpulan uang dan barang, undian, dan jaminan sosial;
  11. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  12. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Bantuan Dan Jaminan Sosial berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  13. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Bantuan Dan Jaminan Sosial sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 
         3. Seksi Pemberdayaan Sosial :

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Pemberdayaan Sosial berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Pemberdayaan Sosial;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Pemberdayaan Sosial sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang pemberdayaan sosial;
  7. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang pemberdayaan sosial keluarga miskin dan komunitas adat;
  8. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan di bidang keperintisan dan pelestarian nilai-nilai kepahlawanan;
  9. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  10. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Pemberdayaan Sosial berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  11. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Pemberdayaan Sosial sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.


     (d.) Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, membawahkan:
         1. Seksi Pemberdayaan Perempuan;

a. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Pemberdayaan Perempuan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;

b. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Pemberdayaan Perempuan;

c. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;

d. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;

e. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Pemberdayaan Perempuan sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan  petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan; f. melaksanakan fasilitasi dan mediasi program pemberdayaan perempuan;

g. melaksanakan komunikasi, informasi, dan edukasi serta publikasi program pemberdayaan perempuan;

h. mengembangkan bahan, metodologi serta program pemberdayaan perempuan peningkatan kualitas hidup perempuan dan pengarusutamaan gender;

i. menyelenggarakan sistem informasi, dokumentasi dan publikasi data pemberdayaan perempuan;

j. melaksanakan perlindungan  terhadap perempuan korban kekerasan;

k. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;

l. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Pemberdayaan Perempuan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;

m. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Pemberdayaan Perempuan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan

n. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.


         2. Seksi Perlindungan Anak.

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Perlindungan Anak berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Perlindungan Anak;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahannya dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4.  meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Perlindungan Anak sesuai dengan peraturan perundang–undangan dan  petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. menyusun perencanaan, koordinasi pelaksanaan, dan pengelolaan program pencegahan kekerasan terhadap anak;
  7.  melaksanakan fasilitasi dan mediasi program pencegahan kekerasan terhadap anak;
  8.  melaksanakan perlindungan terhadap anak korban kekerasan;
  9. melaksanakan komunikasi, informasi, edukasi promosi dan publikasi program pencegahan kekerasan terhadap anak;
  10.  melaksanakan fasilitasi dan mediasi program pembinaan potensi anak;
  11.  memfasilitasi terbentuknya forum anak Daerah;
  12. melaksanakan pengarusutamaan hak anak;
  13. melaksanakan upaya sosialisasi, pelembagaan dan pengembangan program pencegahan kekerasan terhadap anak;
  14. melaksanakan bimbingan,arahan, dorongan dan pendampingan dalam upaya pencegahan kekerasan  terhadap anak;
  15. melaksanakan langkah preventif dengan peningkatan kualitas dan kesejahteraan hidup sebagai upaya pencegahan kekerasan terhadap anak;
  16. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  17. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Perlindungan Anak berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  18. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Perlindungan Anak sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  19. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 


Info