01 April 2021   12:01 WIB

Road Show di Dinas Sosial P3A, Bupati Blora Simak Paparan Inovasi SLRT

Road Show di Dinas Sosial P3A, Bupati Blora Simak Paparan Inovasi SLRT

Road Show di Dinas Sosial P3A, Bupati Blora Simak Paparan Inovasi SLRT

Blora – Senin siang (15/3/2021), Bupati Blora H. Arief Rohman, S.I.P., M.Si. kunjungi kantor Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora. Kunjungan ini merupakan rangkaian road show Bupati Blora ke organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemkab Blora, dalam rangka menyerap inovasi pelayanan kepada masyarakat.

Dalam acara yang digelar di Aula Dinas Sosial P3A ini, Bupati Blora hadir bersama Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati, S.T., M.M., Sekretaris Bappeda Kabupaten Blora dan staf khusus Bupati Blora.

Kepala Dinsos P3A, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si. dalam paparannya menyampaikan inovasi layanan publik berupa Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT). “SLRT ini berfungsi untuk mengidentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan, melakukan rujukan dan memantau penanganan keluhan, untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan itu tertangani dengan baik”, terang Indah Purwaningsih.

“Selain itu untuk mengintegrasikan penanganannya, mendukung perluasan jangkauan pelayanan dasar, dan mendukung verifikasi dan validasi data terpadu penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu secara dinamis di Kabupaten Blora,” lanjutnya.

SLRT memiliki dasar hukum di antaranya Permensos Nomor 9 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Sosial di Daerah Provinsi dan di Daerah Kabupaten/Kota, dan Permensos Nomor 15 Tahun 2018 tentang Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu untuk Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu.

Di Kabupaten Blora, SLRT menggunakan moto “SAMIN”, singkatan dari Sigap, Akurat, Maksimal, Ikhlas, Normatif. Selain itu Indah Purwaningsih juga memaparkan tiga program yang diajukan pada inovasi SLRT, yaitu “jemput bola” orang terlantar dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pasca psikotik, pendataan kemiskinan, dan layanan perlindungan perempuan dan anak.

Bupati Blora menyambut baik dan mengapresiasi inovasi yang diusulkan oleh Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora. “Paparan usulan inovasi oleh Bu Indah sudah bagus, tinggal kapan akan diresmikan. Nanti kita cari tempat yang strategis untuk itu,” terang Bupati yang akrab disapa Arief Rohman. (Tim Liputan Dinsos P3A Blora)


Info