17 Juni 2021   07:54 WIB

Kemensos RI Bersama Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora Gelar Bimtek SDM Puskesos

Kemensos RI Bersama Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora Gelar Bimtek SDM Puskesos

Kemensos RI Bersama Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora Gelar Bimtek SDM Puskesos

Blora - Kementerian Sosial RI bekerja sama dengan Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora menggelar Bimbingan Teknis SDM Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Tahun 2021 di Kabupaten Blora, bertempat di Ruang Pertemuan Setda Kabupaten Blora, Jum’at (11/6/2021).

Peserta Bimtek merupakan SDM Puskesos di Kabupaten Blora, meliputi Dinas Sosial P3A, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil, Bappeda, Perangkat Desa Sendangwungu Banjarejo dan Perangkat Kelurahan Bangkle Blora, TKSK, Tagana dan PSM (Pekerja Sosial Masyarakat).

Bimtek dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi, S.E.,. M.Si. mewakili Bupati Blora. Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Bapak Sekda Kabupaten Blora, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.I.P., M.Si. menyampaikan bahwa Puskesos SLRT (Sistem Layanan dan Rujukan Taerpadu) sebagai layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan perlu dikembangkan untuk memastikan bahwa masyarakat miskin dan rentan miskin mendapat akses perlindungan sosial yang lebih tepat serta menyeluruh.

Foto: Para narasumber sedang menyampaikan paparannya.

Narasumber dalam bimtek tersebut adalah Tim dari Kemensos RI, Ibu Hastamik Purbatin Wahyunungsih (NGO Mahkota - Praktisi SLRT) dan Bapak Restu Lesmana (Staf Direktorat PSPKKM). Turut memberikan paparan mengenai Arah Kebijakan Pengembangan Puskesos – SLRT di Jawa Tengah,  Endah Setiorini, S.H., M.H, Kasi Pemberdayaan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial pada  Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.

Bertindak selaku narasumber daerah, Sekda Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, S.E., M.Si memaparkan Program Perlindungan Sosial dan Penanganan Kemiskinan Nasional dan Daerah. Di luar paparannya, beliau menyampaikan ilustrasi bahwa sebagaimana mall pelayanan publik (MPP), Puskesos SLRT yang baru saja dilaunching Bupati Blora juga merupakan mall, terutama  bagi masyarakat kurang mampu untuk mengakses program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, serta berbagai layanan sosial lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial P3A Dra. Indah Purwaningsih, M.Si. dalam laporannya menyampaikan maksud dan tujuan bimtek SDM Puskesos tahun  2021 di Kabupaten Blora. Maksud kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan, meningkatkan dan mengembangkan SDM Puskesos dalam mendukung kesejahteraan sosial dan penanggulangan kemiskinan secara terpadu, terarah, menyeluruh dan berkelanjutan.

Adapun tujuannya adalah meningkatkan kualitas pelaksanaan akselerasi pengembangan dan pengukuhan Puskesos SLRT sebagai tempat pengaduan layanan dan program perlindungan sosial serta sebagai pusat pelaksanaan pelayanan terpadu, baik di kabupaten maupun desa/kelurahan.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Sosial yang telah menjadikan Kabupaten Blora lokasi kegiatan Puskesos tahun 2021 tahap pertama, dan kami berharap semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar serta bermanfaat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan SDM pengelola Puskesos SLRT” ungkap Ibu Indah mengakhiri laporannya.

Foto: Roleplay, praktik aplikasi SIKS-NG Modul SLRT oleh para fasilitator Puskesos SLRT.

Di pertengahan acara, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.I.P M.Si. berkesempatan hadir dan memberikan pengarahan kepada para peserta. Beliau menyampaikan bahwa Blora serius menginginkan perubahan, salah satunya dengan membentuk Puskesos SLRT, sebagai bentuk pemerintah hadir dalam rangka memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, dalam rangka implementasi “Ngopeni Kadang Kekurangan”. Beliau juga menyampaikan bahwa ketika masyarakat menghadapi permasalahan, harus didampingi dan dibantu sampai tuntas.

Sesi diakhiri dengan materi roleplay, dengan praktik mengoperasikan Aplikasi SIKS-NG Modul SLRT dipandu oleh trainer dari Kemensos RI. Diharapkan seluruh SDM Puskesos dapat memahami tugasnya, serta didukung dengan penguasaan teknologi informasi yang baik. (Tim Liputan Dinsos P3A)


Info