10 Mei 2023   06:37 WIB

Kelurahan Balun, Cepu Dipersiapkan Jadi Kampung Siaga Bencana

Kelurahan Balun, Cepu Dipersiapkan Jadi Kampung Siaga Bencana

Kelurahan Balun, Cepu Dipersiapkan Jadi Kampung Siaga Bencana

 


BLORA  -  Kelurahan Balun, Kecamatan Cepu, Blora akan dijadikan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Blora. Pihak  Dinsos P3A saat ini tengah mempersiapkan rencana itu.  Seperti yang dilakukan Kadinsos PPPA Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si, dan jajaran menggelar rapat di Kecamatan Cepu, Senin (8/5/23).

Kampung Siaga Bencana (KSB) merupakan program penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang dimiliki Kementerian Sosial yang sebagian urusan dan kewenangannya menjadi urusan bersama. Dijelaskan, Dra. Indah Purwaningsih, melalui Sekretaris Dinsos P3A Blora, Widodo Prasetya Budi, SH, Msi. pemilihan Kelurahan Balun sebagai KSB, dikarenakan Kelurahan Bakun dan sekitarnya sering terjadi bencana banjir.

''Saat ini tengah kami persiapkan. Kedepan juga akan dilakukan pelatihan penangan bencana, sehingga ke depan masyarakat setempat akan mandiri untuk penanganan bencana. Misalnya jika terjadi bencana dimana harus mengambil logistik dan lain sebagainya,'' jelas Widodo.

Dijelaskan, Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah suatu model penanggulangan bencana berbasis masyarakat yang diinisiasi oleh Kementerian Sosial bersama dengan masyarakat, kegiatan KSB dilaksanakan untuk mewadahi kegiatan penanggulangan bencana yang dilakukan oleh masyarakat, dibentuk di daerah rawan bencana dengan cara melibatkan seluruh elemen yang ada pada masyarakat.

Prinsip utama pelaksanaan Kampung Siaga Bencana (KSB) adalah mengutamakan kemandirian masyarakat. Akan tetapi dukungan pihak-pihak lain yang berkepentingan dalam penanggulangan bencana seperti pemerintah dan pihak swasta masih tetap dibutuhkan guna memperkuat kelembagaan KSB. *)


Info