12 Oktober 2020   11:04 WIB

Kunjungan Ibu Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Sosial RI di Komunitas Adat Samin "Sedulur Sikep" Blora

Kunjungan Ibu Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Sosial RI di Komunitas Adat Samin

Kunjungan Ibu Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Sosial RI di Komunitas Adat Samin "Sedulur Sikep" Blora

Blora - Kamis (8/10/2020), Ibu Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial RI, Grace Juliari Batubara beserta rombongan mengadakan kunjungan di Komunitas Adat Samin Paguyuban Sedulur Sikep , desa Sambongrejo, kecamatan Sambong, kabupaten Blora. Kunjungan ini dalam rangka penyaluran bantuan sosial kemanusiaan berupa paket sembako di Provinsi Jawa Tengah.

Rombongan yang terdiri dari para pengurus DWP Kemensos RI, Direktur PKAT, ADC Penasihat DWP Kemensos RI, Walpri beserta protokol tiba di Pendopo Paguyuban Sedulur Sikep, diterima oleh Kepala Dinas Sosial P3A Kab. Blora beserta jajarannya, Camat Sambong beserta aparat dan ketua Paguyuban Sedulur Sikep Desa Sambongrejo.

Hadir dalam kunjungan ini, Ketua DWP Kabupaten Blora beserta pengurus, DWP Dinas Sosial P3A, perwakilan dari Balai Besar Rehabilitasi Sosial dan Panti Pelayanan Sosial di Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial P3A Kab. Blora, Dra. Indah Purwaningsih, M.Si. menyampaikan di Blora terdapat beberapa komunitas, termasuk yang besar adalah Paguyuban Sedulur Sikep di Desa Sambongrejo, kemudian  di Ds Kelopoduwur, Ds. Kematren dan di Ds. Sumber. “Kami berharap tidak hanya dengan sembako, tetapi ada perhatian yang lain, karena di sini terdapat banyak perempuan yang ingin maju, diberdayakan secara ekonomi dan lain sebagainya”, kata Indah Purwaningsih. 

Foto: Ibu Foto: Grace Juliari Batubara menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada 4 perwakilan warga

Grace Juliari Batubara sebagai Penasihat DWP Kemensos RI pada kesempatan tersebut menyerahkan secara secara simbolis bantuan paket sembako kepada 4 (empat) orang perwakilan warga penerima bantuan. Beliau menyampaikan, sebanyak 400 paket sembako disalurkan melalui program Kemensos Peduli Covid-19. “Jadi ini merupakan bantuan sosial kemanusiaan Kementrian Sosial yang mana kita serahkan sebanyak 400 paket sembako kepada warga sedulur sikep di sini. Ini kan masih dalam pandemi, jadi semoga ini bisa membantu kebutuhan warga,” tutur Grace.

Setelah ramah tamah di pendopo, rombongan menuju 3 (tiga) rumah warga untuk meninjau dan memberikan bantuan sembako secara langsung. Warga sangat antusias dan berterima kasih atas bantuan tersebut, yang sangat bermanfaat meringankan beban pada masa pendemi sekarang ini.

Ratusan paket sembako tersebut diberikan untuk 4 (empat) Paguyuban Sedulur Sikep di wilayah Blora. Sedulur Sikep, sebagaimana penuturan Pramugi Prawiro Wijoyo dahulu disebut Komubitas Adat Terpencil (KAT). Di masa pandemi Covid-19 ini, warga sedulur sikep patuh terhadap protokol kesehatan.

Kegiatan ini adalah dalam rangka penyaluran bantuan sosial kemanusiaan berupa paket sembako di Provinsi Jawa Tengah, yang dilaksanakan tanggal 8 sampai 10 Oktober 2020. Selain Blora, kabupaten yang dikunjungi adalah Semarang dan Klaten. (Tim Liputan Dinsos P3A)


Info