30 Desember 2020   11:19 WIB

Peringatan Hari Ibu ke-92 Tingkat Kabupaten Blora, “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”

Peringatan Hari Ibu ke-92 Tingkat Kabupaten Blora, “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”

Peringatan Hari Ibu ke-92 Tingkat Kabupaten Blora, “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”

Blora – “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, adalah tema nasional Peringatan Hari Ibu tahun 2020. Hari Ibu merupakan salah satu hari nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Hari yang menandai tonggak sejarah kiprah perempuan dalam ikut serta memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Perempuan yang disebut ibu, merupakan guru pertama dan garda utama sebuah keluarga, bagian kecil namun penting dalam menentukan keberhasilan sebuah bangsa.

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Blora bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora melaksanakan resepsi Peringatan Hari Ibu ke-92 tingkat Kabupaten Blora, Selasa (22/12/2020).

Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, acara dihadiri oleh Bupati Djoko Nugroho, jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Blora, Dharma Wanita dan beberapa tamu undangan.

Foto: Bupati Blora bersama istri berfoto bersama ibu berprestasi kabupaten Blora, perwakilan veteran perempuan dan Perdiva.

Berbeda dengan tahun lalu, peringatan Hari Ibu ke-29 tahun ini dilaksanakan secara sederhana dan mengikuti protokol kesehatan. Acara diawali dengan mengikuti secara virtual puncak Peringatan Hari Ibu yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA).

“Bukan sekedar sebagai pendukung, kaum perempuan terlibat aktif, baik di belakang, di tengah, bahkan di garda terdepan untuk terus berjuang sampai hari ini. Tenaga, pikiran, darah, bahkan hingga nyawa telah disumbangkan. Tidak ada kata lelah, para perempuan hebat ini terus berkorban bukan saja bagi dirinya sendiri, melainkan demi kepentingan keluarga, lingkungan, masyarakat, bahkan bangsa dan Negara,” sambut Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Bupati Blora dalam kesempatan yang sama mengucapkan selamat Hari Ibu ke-92 kepada seluruh Ibu di kabupaten Blora. Ibu-ibu dapat turut serta mendukung pemerintah dalam rangka pencegahan virus covid-19, dimulai dari lingkungan keluarga. Beliau juga menekankan pada perlunya untuk tetap waspada terhadap covid-19 yang angkanya kembali meningkat, dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Di sela-sela acara, Bupati Blora beserta istri memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada perempuan Blora berprestasi, yaitu juara I Kategori kabupaten terbaik pelaksanaan 8 aksen konvergensi penurunan stunting terintegrasi tahun 2020 tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diterimakan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Juara I kategori kabupaten terbaik Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diterimakan kepada Kepala Desa Geneng, Kecamatan Jepon.

Selanjutnya juga diserahkan bantuan 50 paket sembako secara simbolis kepada veteran perempuan dan janda veteran, serta paket bantuan alat produksi anyaman bambu kepada Perdiva Jepon dan bantuan budidaya lele dalam ember kepada Perdiva Banjarejo. (Tim Liputan Dinsos P3A)


Info